Wednesday, February 14, 2018

3 Cara Memeriksa Spesifikasi Komputer Dan Laptop

3 Cara Memeriksa Spesifikasi Komputer dan Laptop.

Halo sobat Anditeknote, bagaimana kabar hari ini? Semoga baik dan sehat selalu, amin. Kali ini saya akan membahas tentang 3 Cara Memeriksa Spesifikasi Komputer Dan Laptop.
Apa pentingnya memeriksa komputer? Sangat penting karena teknologi sekarang tidak lagi pasif melainkan berkembang pesat dan setiap waktu para developer akan meluncurkan versi terbitan yang lebih baru. Maka diharuskan kita memeriksa dan mengecek spesifikasi komputer kita apakah versi lama atau terbaru, hal ini penting sekali digunakan saat membeli laptop atau komputer agar tidak terjadi penipuan.

Banyak orang atau penjual komputer bahkan pengguna yang tidak mengerti tentang cara mengecek spesifikasi ini, karena bagi mereka mengetahui lebih detil tidak terlalu penting. Padahal hal ini sangat penting untuk pembeli agar mengetahui kelengkapan dan seberapa bagus komputer tersebut. Makanya tidak sedikit dari pengguna komputer yang hanya tau memainkan saja tetapi tidak memahami betul dari komputer itu.

Beberapa hal yang harus diketahui untuk mengetahui spesifikasi komputer kamu adalah:
1. Apa brand/merk dari prosesor yang digunakan.
2. Seberapa cepat prosessor bekerja?.
3. Brand dan spesifikasi dari mainboard komputer.
4. Tipe memori
5. Ukuran memori
6. Ukuran Hardisk
7. Apa saja perangkat yang digunakan dalam komputer kita.

  • Cara pertama melihat spesifikasi komputer dengan mudah menggunakan menu My Computer jika OS yang digunakan berasal dari Microsoft Windows. Caranya masuk ke menu My Computer lalu pilih Properties, secara otomatis akan masuk ke jendela "view basic information about your computer" lalu akan terlihat keterangan-keterangan yang menjelaskan Operating system apa yang digunakan, edisi windows, nama komputer, domain dan sebagainya.

  • Cara kedua menggunakan DXDIAG atau DirectX Diagnostic Tool. Perintah ink akan menampilkan sepesifikasi komputer yang lebih lengkap dibanding yang pertama. Caranya adalah:
  1. Pilih Start
  2. Ketikan Run pada kolom pencarian file
  3. Lalu akan muncul input kembali, ketikan saja DXDIAG lalu Ok.
  4. Setelah itu akan tampil spesifikasi-spesifikasi dari komputer yang digunakan.

  • Cara ketiga adalah menggunakan CPU-Z Portable. Caranya extract file CPU-Z portable yang telah di download dari zip ke exe, lalu jalankan. Setelah itu buka aplikasinya lalu akan muncul spesifikasi seperti mainboard,memory,CPU,grafik dan lainnya.

Mungkin itu saja yang dapat dibagi untuk pembahasan komputer kali ini semoga artikel ini bermanfaat untuk semua, terima kasih untuk sobat anditeknote yang selalu mengikuti terus blog ini dan menggali informasi dari sini. Terima Kasih Dan See you next Post.