Tuesday, April 17, 2018

Generasi OS Terbaru Versi 8.0 “Oreo” Memiliki Tampilan Epic dan Membawa Fitur Canggih

Generasi OS Terbaru Versi 8.0 “Oreo” Memiliki Tampilan Epic dan Membawa Fitur Canggih

Bukan Lagi rumor belaka, kabar OS terbaru yaitu Android 8.0 Oreo telah dirilis pada tahun 2017 kemarin tepatnya bulan agustus. Lahirnya Versi 8.0 ini membawa fitur yang lumayan canggih dibanding versi yang sebelumnya. Perbandingan versi-versi sebelumnya mungkin tidak terlalu signifikan tetapi perbedaan tetap saja terlihat. 

Mengapa diberi nama OREO?
Sesuai dengan versi-versi sebelumya yaitu nama-nama sebuah makanan seperti Ice cream sandwich, Donut, Lollipop, Kitkat, Jellybean, Nougat, Froyo, Gingerbread, Oreo dan sebagainya. Entah apa alasan developer memilih nama sebuah OS menggunakan nama makanan, tetapi itu adalah hal yang paling Unik.

Apa saja perubahan yang dimiliki oleh android 8.0 ini?
Oreo membawa perubahan bada bagian seperti Home screen, App Drawer, Battery menu, Notification, Setting dan yang lainnya.

Apa saja fitur yang dimiliki oleh android 8.0 ini?
Fitur Autofill : yaitu ketika anda memasukan sebuah akun, atau membuat sebuah akun, mengisi alamat, mengisi nama ataupun mengisi sebuah formulir, data akan tersimpan secara otomatis. Jadi tidak usah menulis ulang jika terhapus ataupun salah.
Emoticon : Oreo menampilkan lebih banyak Emoji dibanding versi yang sebelumnya. Jadi semakin mudah untuk mengekspresikan rasa yang sedang kita alami.
Batas Latar Belakang : dalam hal ini sangatlah penting untuk membatasi penggunaan aplikasi agar penggunaan baterai lebih terkontrol. Maka dengan ini sangat mudah sekali untuk kita mengetahui aplikasi mana yang menjadi pemicu borosnya baterai.
Wifi Aware : tidak berbeda jauh dengan bluetooth, Wifi Aware ini mempermudah dan mempercepat pengiriman data antar smartphone.
Peningkatan Audio : Jadi pemilik smartphone bebas memilih genre audio atau mengatur equalizer audio dengan sesuka hati.
Pemilihan Kata Pintar atau Selection Text : yaitu jika kita memilih atau memblok sebuah kalimat atau kata dengan unsur alamat atau daerah, maka akan muncul sebuah opsi yang akan diarahkan ke google map. Jika memblok sebuah angka atau sebuah nomor telepon maka akan muncul sebuah opsi panggil langsung tanpa harus masuk ke kontak terlebih dahulu.
Fitur PIP atau Picture In Picture : memungkinkan anda menonton video kapanpun dan dimanapun.
Notifikasi simbol yaitu muncul bulatan dot pada sebuah aplikasi yang memiliki pemberitahuan atau pesan yang belum terbaca. Jika dibandingkan dengan OS 6.0 Marshmallow pada bagian aplikasi yang memiliki pemberitahuan dan belum terbaca maka akan muncul angka sebagai tanda belum terbaca.
Google Play Protect : dilengkapi dengan perlindungan bawaan yang ada pada android 8.0 jadi menambah dari segi keamanan data dan lain-lain.
Button Accesibility : tombol akses semakin mudah dan simpel.

Bagaimana, sudah siapkah upgrade ke OS Android 8.0 Oreo?