Sunday, June 10, 2018

Cara Membedakan Power Bank yang Asli dan Palsu

Cara membedakan Power Bank yang Asli atau palsu

Bagi setiap pengguna ponsel pastinya sangat membutuhkan yang namanya power bank, karena fungsinya sangatlah penting saat tidak ada listrik dan baterai ponsel habis. Jika membawa power bank tidak perlu khawatir karena kita punya cadangan baterai untuk ponsel. Namun pertanyaanya adalah berapa kapasitas power bank yang kalian bawa itu? Banyak sekali kapasitas-kapasitas power bank yang palsu dan membuat geram pembeli karena power bank nya palsu.

Terkadang saat kita membeli power bank tidak begitu detil memperhatikan, paling sering ditanyakan adalah berapa kapasitas, berapa kapasitas dan berapa kapasitas benar bukan? Kapasitas saja tidak cukup untuk membedakan mana powerbank asli dan palsu. Sebenarnya mudah saja membedakannya, asalkan kita tahu caranya.

CARA MEMBEDAKAN POWERBANK YANG ASLI DAN PALSU
1. Perhatikan merk power bank, berdasarkan pengalaman, yang sering sekali terjadi pemalsuan power bank adalah merk-merk ternama ponsel seperti Sa*sung, xia*mi, As*s, Adv*n dan sebagainya. Brand ini sangat terkenal bukan? Namun itu dalam hal smartphone bukan power bank, banyak oknum menciptakan power bank dengan nama-nama yang sudah terkenal untuk meningkatkan kantong mereka. "Yang berkapasitas asli banyak juga kok dari merk yang disebutkan diatas" tentu saja karena itu berasal dari pabriknya sendiri atau produk buatan asli merk itu.

Power bank yang palsu bukan berasal dari brand itu sendiri, melainkan ada oknum yang sengaja membuat power bank palsu dan menjualnya dengan harga sangat miring. Ini sangat berakibat fatal bagi pemilik brand, karena akan di cap sebagai brand yang banyak replikanya.

2. Kapasitas power bank, yang asli hanyalah mencantumkan kapasitas baterai normal contohnya 5500, 10.000, 12.000 mAh. Sering sekali anda menjumpai power bank dengan kapasitas yang aneh seperti 180.000, 198.000.000, 2200000 mAh, sangat aneh bukan? Apakah ada kapasitas baterai segitu namun dalam wujud power bank genggam? Pasti tidak ada ! Dari kapasitas saja sudah ketahuan bahwa itu palsu, biasanya kapasitas realnya sekitar 1500 mAh sampai 2500 mAh.

3. Berat power bank, yang asli memiliki berat yang sama dengan kapasitas, jika berukuran 12.000 mAh pastinya jika anda coba genggam dan angkat, akan terasa berat. Kapasitas yang ratusan ribu itu gimana? Itu palsu, coba anda genggam dan angkat pasti sangat ringan. Karena kapasitas aslinya adalah sekitar 1000 mAh. Yang paling jelas adalah cara ini karena berat jenis sangat menentukan ke aslian kapasitas sebuah power bank.

4. Harga, biasanya tergantung merk ada yang mahal dan ada yang murah. Harga yang termahal adalah sekitar 400 ribu dengan kapasitas 10.000 mAh. Hal yang harus diperhatikan saat membeli power bank adalah penyesuaian harga, merk, dan kapasitas. Contohnya power bank merk UNEED dengan kapasitas 12.000 mAh harganya 150 ribu. Itu adalah harga yang dijual dipasaran, jika ada yang lebih mahal dari itu jangan mau, karena harga relatif uneed adalah 150 ribu.

Itulah cara membedakan power bank yang asli dengan yang palsu. Semoga bermanfaat.