Monday, June 4, 2018

Cara Memilih Smartphone Bekas Dengan Kualitas Bagus Agar Tidak Mudah Tertipu


Smartphone adalah benda yang sangat dibutuhkan kapanpun dan dimanapun. Smartphone terbagi menjadi dua bagian, yaitu bekas dan baru. Jika memilih smartphone baru tentu sangat mudah, jika box memiliki segel original tentu itu masih baru. Bagai mana dengan yang bekas? Mari kita bahas bersama.

Memilih Smartphone Bekas.
Beberapa kasus seperti kerusakan luar dan dalam atau bagian sistem sering terjadi karena ada oknum yang mengambil keuntungan, maka dari itu perhatikan setiap centi smartphone yang akan dibeli. Ada banyak cara untuk memilih smartphone bekas tetapi berkualitas.
Melihat dari segi body atau case. Pasti hal ini menjadi objek pertama yang akan terlihat ketika hendak membeli smartphone bekas. Padahal kondisi smartphone didalamnya belum diketahui, cara melihat sebuah case adalah bukan hanya lecet saja, tetapi beberapa yang harus dilihat seperti warna, tekstur dan pecahan 
Selanjutnya melihat dari segi eksternal, maksudnya adalah melihat kondisi didalam casing belakang jika itu bukan ponsel yang memiliki baterai tanam. Jika tidak baterai tanam maka lihat kondisinya caranya, lihat pada bagian baut smartphone, apakah ada yang hilang? Selain itu lihat juga segel sein yang ada pada smartphone masih ada atau tidak, karena hal ini sangat penting untuk menandakan apakah ponsel ini pernah dibongkar atau tidak.
Melihat spesifikasi ponsel yaitu dengan cara mengecek semua spesifikasi seperti Operating system, ukuran kamera, Cpu yang digunakan, Berapa Ram dan internalnya, apa pelindung layar yang digunakan, dan fitur2 nya. Cek semuanya termasuk kapasitas baterai, biasanya kapasitas baterai tertera pada baterai itu sendiri. Awas jangan langsung percaya dengan apa yang dikatakan penjual.
Jika sudah tanyakan kelengkapannya seperti box, charger, headset, buku panduan, kartu garansi dan lain lain. Tetapi kebanyakan pembeli smartphone bekas menanyakan box dan charger saja.
Setelah itu Harga. Tawarlah sesuai harga pasar tersebut. Jika harga yang ditawarkan lebih mahal dari harga pasar, yang ada kamu malah rugi.

Nah itu yang bekas, pertanyaannya apakah yang baru itu pasti original? Sebenarnya yang baru pun tak luput dari yang namanya penipuan seperti halnya smartphone yang rusak, dengan skill yang mumpuni mampu disulap menjadi baru padahal mesinnya ialah oplosan. Makanya banyak sekali terjadi smartphone rusak tak wajar karena memilih smartphone asal-asalan. Tips memilih smartphone baru ialah perhatikan box dan segel box, jika tak lecet atau rusak sedikitpun berarti itu masih baru. Tapi jika dilihat dari boxnya saja lecet, kusam atau terlihat sangat lama sebaiknya jangan dibeli. Bukan apa-apa antisipasi saja ditakutkan itu adalah box yang berisi smartphone bekas yang dioplos.

Itu saja tips dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf. Jangan lupa baca yang lain juga ya, banyak informasi yang anda dapatkan dari sini. Terima kasih