Friday, June 8, 2018

Cara Menghitung Kapasitas Power Bank


Jika anda sudah terlanjur membeli sebuah power bank tanpa tau berapa kapasitas yang dimiliki, mari kita lakukan riset. Dalam sebuah power bank pasti ada yang namanya lampu penunjuk kapasitas, namun tak menunjukan tulisan bahwa tinggal berapa % kapasitasnya. Cara menghitungnya adalah lihat ada berapa lampu yang dimiliki sebuah power bank. Ambil contoh 4 lampu, saya membeli sebuah power bank dengan kapasitas 12.000 mAh, saya ingin mengecek apakah benar kapasitasnya segitu.

Power bank memiliki 4 lampu dan saya memiliki ponsel berukuran baterai 3000 mAh, lalu saya coba sisakan baterai 1% dan saya mengisi sampai 100%. Ternyata lampu yang menyala tinggal 3, otomatis ukuran power bank ber kurang 3000 mAh. Lalu saya lakukan selama 4 kali pengisian dengan 1% baterai tersisa, dan ternyata pengisian terakhir tak sampai 100% tetapi hanya nencapai 85% dan saya anggap itu penuh. Berarti 12:4= 3 adalah benar, per lampu berisi 3000 mAh total kapasitas power bank adalah 12.000 mAh memiliki 4 lampu.

Kuncinya ada pada lampu yang dimiliki sebuah powerbank dan kapasitas baterai ponsel anda. Jika ada kapasitas baterai 6000 mAh tapi lampunya ada banyak, berarti tinggal kamu bagi saja kapasitas powerbank dengan lampunya. Misalkan baterai ponsel kamu 2000 mAh dan power bank yang dimiliki ada 6 lampu, coba kamu charge dengan keadaan 1% baterai sisa. Otomatis jika mengisi sampai penuh akan mati 2 lampu dan pengisian daya hanya bisa dilakukan 3 kali charge.

Bagaimana dengan power bank dengan kapasitas 198.000 mAh menghitungnya? Sudah dikatakan bahwa kuncinya ada pada lampu dan kapasitas baterai ponsel yang dimiliki. Yang jelas tidak ada kapasitas power bank sebesar itu, yang ada adalah Aki motor atau Aki mobil mungkin lebih besar dari itu. Itulah cara tentang bagaimana menghitung kapasitas sebuah powerbank, semoga bermanfaat.