Friday, July 13, 2018

Mengapa Warna Berubah Saat Mencetak Sepanduk

Pada kesempatan kali ini saya akan membagi ilmu pengetahuan yang saya bisa dalam dunia percetakan, saya masih pemula jadi tak begitu banyak yang saya ketahui namun apa yang saya ketahui, ingin saya bagikan kepada kalian.
Didalam dunia percetakan pasti ada yang namanya mesin print atau printer khusus untuk mencetak berbagai desain dengan ukuran yang besar seperti sepanduk, stiker vinil, pamflete, dan lain sebagainya. kali ini saya akan memberikan ilmu tentang mengapa warna berubah saat mencetak.

Sebelum itu kamu harus tahu kenapa warna itu berubah, langkah apa yang harus dilakukan saat tinta warna menjadi kacau, bagaimana cara mengatasinya !. Hal yang paling penting adalah mengetahui gejala-gejala yang timbul dan mengakibatkan cetakan menjadi kacau. Didalam mesin memiliki 4 warna dasar yaitu hitam, kuning, merah, dan biru. 4 warna tersebut harus paham karena sering sekali terjadi ketidak tahuan saat warna berubah dan malah salah langkah.

pertama adalah mengapa warna tersebut bisa berubah? Apakah tintanya habis, atau catridge yang kotor dan lain lain. sebelumnya anda harus mengetahui tentang furge/furging dalam dunia percetakan ini berfungsi untuk menormalkan kembali tinta warna yang kacau atau berubah. Dengan furging ini tinta warna bisa di normalisasikan kembali.

Kedua adalah langkah apa yang harus dilakukan saat warna berubah? Pada saat mencetak spanduk atau stiker vinil, catridge sering sekali terjadi perubahan warna yang tidak diinginkan, langkah paling penting adalah memberhentikan sementara pencetakan lalu solusinya adalah bisa dilakukan dengan furging

Ketiga adalah cara mengatasinya. Ada beberapa langkah yaitu langkah furging atau berhenti dan mengulang kembali pencetakan.

Lalu apa gejala-gejala saat warna mulai berubah? perhatikan warna pencetakan, misalkan ada sebuah perubahan yang awal warnanya rata kemudian muncul garis-garis, sebaiknya langsung melakukan pause atau jeda dulu. Ada hal yang harus diperhatikan saat melakukan pengawasan terhadap warna, karena jika tak teliti maka warna menjadi jelek dan tidak rata.

Penting juga kamu harus mengetahui bagaimana cara melakukan furging yang benar agar tidak mengacaukan pekerjaan kamu. Semoga bermanfaat untuk kamu jika nanti ingin bekerja atau membuka usaha percetakan sendiri, agar tak menyusahkan orang lain. See you next post sobat zeromeda