Sunday, September 30, 2018

Panduan Lengkap Membuat Banner Flat Design Menggunakan Corel Draw X7

Halo Sobat !
Sudah tau apa itu desain flat atau datar? adalah desain dengan bentuk yang sangat simpel yang lebih condong dalam kegunaan, serta bersih dari efek seperti bayangan, outline, gradasi, ataupun desain yang sangat rumit.


Flat design menjadi sangat populer di dunia internet, karena sangat bagus dan mampu menarik seseorang dengan desain yang datar namun indah.

selain banner, banyak pula desain-desain yang menggunakan flat design untuk kepentingan marketingnya, seperti logo, iklan, template, bahkan toko online.

Kali ini saya akan berbagi ilmu yang saya bisa tentang corel draw, yaitu membuat banner flat design dengan cepat dan praktis.

yang akan saya gunakan kali ini adalah corel draw x7 yang mungkin lebih lengkap dibanding x3 atau x4. oke langsung saja membuat bannernya.

Langkah Pertama

Buka software corel draw nya, lalu pada menu Get Started pili new document.




jika sudah langsung oke saja, nah selanjutnya adalah menentukan ukuran banner yang akan dibuat dulu, kali ini saya akan membuat desain banner persegi panjang yang sering di gunakan para advertiser untuk penayangan iklan melalui artikel atau website.

Langsung ke tahap selanjutnya yaitu membuat rangkaian kata atau bahan untuk promosi, contoh seperti, Mau sukses dengan instagram? klik disini atau mau buat website tapi bingung?  dan bla bla bla.....

buat semenarik mungkin agar orang semakin ingin tahu tentang apa yang kamu iklankan. 

jika sudah memiliki ide langsung tulis saja di lembar kerja corel draw kamu. atur font sesuka kamu dan mana yang cocok desain flat, yang saya gunakan kali ini adalah font auxindemibold, yang menurut saya cocok.

selanjutnya adalah pemilihan warna, nah tips dari saya kali ini adalah mencari pallette flat design agar lebih mudah menentukan warna apa yang akan digunakan. mudah kok, download saja image pallete di google.
setelah itu kita ganti warna per katanya, caranya seleksi dulu tulisannya lalu tekan ctrl+k  atau break artistic text.
nah untuk mewarnainya, karena mengambil dari pallete warna yang sudah di download tadi, gunakan tool color eyedropper yang terletak di bagian bawah urutan ketiga setelah smart fill tool.

cara menggunakan color eyedropper adalah klik kanan dulu pada warna yang akan digunakan, misalkan merah, tentu klik warna merah. 

lalu siramkan pada kata yang akan di warnai.
selanjutnya adalah menambahkan clipt art atau gambar flat design, atau kamu bebas menambahkan bentuk apa saja, entah itu komputer, keyboard atau apapun yang sesuat dengan banner yang kamu buat.
bagian pojok masih ada yang kosong kan? biarkan itu kosong karna nantinya akan di buat sedikit pariasi untuk memper cantik bannermu.

kita kembali pada penambahan clipt art, ada beberapa cara nih, karna yag saya download adalah file berbentuk jpg. atau image format lainnya. 

caranya untuk mudah mengeditnya adalah mengubahnya menjadi bentuk vektor dahulu dengan cara klik kanan pada gambar tersebut, lalu pilih quick trace.

nah disitu akan lebih mudah mengedit vektornya. buang saja file aslinya atau yang sudah di quick trace tadi, karena yang akan digunakan adalah yang vektornya.

lalu seleksi yang akan dipakai, contoh akan mengambil bagian kepalanya saja, maka seleksi pada bagian kepala. 

agar tak terlalu berantakan hapus saja yang tidak perlu, seperti sisa vektor yang tidak digunakan.

langkah berikutnya adalah membuat hiasan pada area kosong tadi.
seperti itu kira-kira, disitu saya menambahkan gambar klik disini, sebenarnya itu tak harus dibuat, karena jika benar-benar ingin membuat banner untuk kepentingan iklan, tentu bukan digambar dulu.

tetapi menggunakan script atau kode pada html yang bertujuan untuk membuat tombol agar pengunjung bisa mengakses link lebih lengkapnya.

nah langkah terakhir adalah menentukan background, pertanyaannya kenapa background tidak ditentukan dari awal? karena jika ditentukan dari awal, bagi pemula yang masih awam dengan corel draw, malah akan kebingungan.

jika terjadi penumpukan shape, atau warna hilang,  dan sebagainya.

jika sudah menentukan background maka hasilnya akan seperti ini.

tadaaaaa....nah itulah seputar tutorial pembuatan banner flat design pada corel draw, desain keren dengan corel draw x7 dan cara membuat banner dengan corel draw.

nah untuk kamu yang masih belum mengerti, atau ingin saya membuat video paduannya, boleh kok. nanti akan saya share di zeromeda dotcom channel.

oke sekian dan terima kasih buat sobat yang sudah berkunjung, jangan lupa ilmu itu bukan untuk dimiliki sendiri, tetapi harus dibagi. terima kasih. daaahh...