Sunday, February 24, 2019

6 KOMPOSISI PENTING DALAM PEMBUATAN SCRIPT UNTUK YOUTUBE

Halo sob.
selamat datang di zeromeda.

artikel ini berkaitan dengan postingan yang akan aku update nantinya, jadi sebelum kalian tau tentang bagaimana cara membuat script untuk youtube, atau membuat postingan artikel. kalian harus tahu dahulu 6 komposisi ini.



oke langsung saja kita bahas apa saja 6 komposisi itu.

Tanpa 6 Komposisi tersebut aku yakin kalian akan sangat kesulitan untuk membuat konten.

Sebenarnya bukan hanya untuk pembuatan video, tapi artikel pun sama seperti itu namun cara penyampaiannya berbeda.

1. Intro

Nah Langkah pertama pembuatan scene yaitu intro. Mengapa intro atau perkenalan? Karena sangat tidak mungkin orang baru melihat video langsung closing.

Seperti apa contohnya? Kalian lihat para youtuber pada bagian awal, pasti mengatakan Hai, Hallo, Selamat Datang, Apa Kabar atau kata sambutan yang lain sesuai dengan karakter masing-masing.

2. Basa-Basi

Selanjutnya adalah basa-basi, ini mungkin tidak terlalu penting tetapi harus dilakukan karena membuat nyaman audiens itu penting. 

Seperti apa? Kalian lihat pada bagian atas artikel ini, disana aku pakai 3 bait basa-basi dan sedikit intro.

Ingat, jangan terlalu banyak basa-basi karena audiens menunggu bagian isinya. 

Jika terlalu banyak basa-basi mungkin audiens kurang tertarik atau bahkan meninggalkan video kita.

3. Isi

Nah yang selanjutnya adalah isi.

Kalian cari topik yang sesuai untuk channels kalian setelah dapatkan judul dan topiknya, lalu jelaskan isinya tentang apa.

Jelaskan se detil mungkin karena sekecil apapun informasi itu sangatlah penting.

Contoh topik videonya adalah misalkan tutorial masak nasi goreng. Jelaskan dari segi bahan apa saja yang digunakan, alat yang digunakan, tahap atau proses pembuatan, sampai yang terakhir adalah pengujian rasa.

Jelaskan dan ungkapkan se menarik mungkin.

4. Pre Closing

Nah selanjutnya adalah Pre Closing 

Pre Closing Ini tak jauh berbeda dengan basa basi, biasanya orang menggunakan pre closing ini dalam bentuk mengingatkan seperti jangan lupa like,share,comment,subscribe dan yang lain.


5. Promosi

Lalu Promosi jika kalian sudah tahap ini maka dalam artian video kalian sudah 90% rampung dalam topik video.

Lakukan promosi seperti sebuah ajakan untuk mengunjungi sebuah laman atau profile medsos agar semakin meningkat pengikutnya.

Atau jika kalian punya merchandise atau produk yang kalian miliki promosikan saja, entah itu kaos, celana, tas, jam tangan, atau accesories.

6. ClosingNah yang terakhir adalah closing, biasanya ini diisi dengan ucapan terimakasih kepada audiens yang telah menonton videonya sampai akhir

itulah 6 komposisi penting dalam proses pembuatan script, kalian bisa simak versi videonya, linknya ada di bawah ini.


oke dibagian penghujung ini aku meminta kalian untuk mendukung channel dan blog aku ini agar semakin semangat memposting ide ide baru untuk di jelaskan kepada kalian.

terima kasih buat kalian yang sudah membaca dan menonton video di Andi sahap, jangan lupa like share, comment dan subscribe channelnya. share juga artikelnya jika menurut kalian ini bermanfaat.

sekali lagi terima kasih, tetap jadi diri sendiri dan sampai jumpa di postingan berikutnya.