Saturday, March 16, 2019

Cara Membuat Thumbnails Youtube Di CorelDraw Yang Benar

Hallo Sob.

Balik lagi di zeromeda nih sob, kali ini aku mau berbagi sedikit informasi dengan kalian.


sesuai dengan judul ya sob yaitu membuat thumbnails youtube dengan benar.


seperti apa sih membuat thumbnails yang benar?


sebelum kalian baca lebih jauh kalian harus tau apa itu thumbnails.

Thumbnails adalah sebuah gambar yang menunjukan tampilan awal video dan berukuran sangat kecil. fungsinya adalah menarik orang agar tertarik untuk melihat video kita.

makanya banyak sekali para youtuber yang menggunakan thumb clickbait agar membuat orang penasaran dengan isi videonya.


nah di postingan kali ini aku mau buat thumbnails yang menarik, bukan dari segi clickbait tapi dari sisi desain yang simple dan keren.


Yang pertama kalian harus siapin bahan-bahan. Yaitu buku,pulpen,tas,topi,pensil,penghapus,celana, baju..NOOOO!!! Bukan itu!!


Yang aku maksud adalah bahan untuk diedit atau yang akan dibuat thumbnails.


Yang pertama adalah foto dirimu, jika ingin membuat thumb yang ada gambar orangnya.


Jika tidak mau ada orangnya, ya kalian membuat thumb yang full vector karena aku gunain coreldraw disini.


Sebenarnya bisa juga desain thumbnails foto di coreldraw, tapi sudah jelas sekali dari nama software saja draw/drawing/menggambar.


Kalo mau thumbnails yang cinematik atau berkaitan dengan foto ya tentu di platform lain seperti photoshop atau lightroom cc.


Yang Kedua tentu punya software coreldraw, terserah mau pake versi yang mana. 


Mau versi 13,14,16,17 terserah kalian karena dari segi tampilan dan tata letak sama saja, walaupun mungkin ada fitur lebih dari setiap versinya dan tidak ada di versi yang sebelumnya.


Nah yang aku pake adalah coreldraw versi 14 atau coreldraw x4 karena menurut aku lebih simple.


oke langsung saja kita ke tahap pembuatan.


pertama pastinya buka software coreldrawnya, nah disini ada beberapa perbedaan nih. kalo yang kalian gunakan itu adalah x4 maka otomatis akan masuk ke lembar kerja.

tapi jika yang kalian gunakan adalah x7, setelah kalian membuka software, akan muncul settingan ukuran dan lain sebagainya.

saran aku jika gak mau ribet tinggal oke saja nanti tinggal langsung buat thumbnailsnya aja deh.


nah selanjutnya kalian ubah dulu unitnya atau bisa disebut satuan ukurannya menjadi pixel.


kalo sudah, selanjutnya buat rectangle atau persegi panjang, lalu ubah ukurannya menjadi ukuran 1080x720 atau 1280x990 atau ukuran Full HD.

kemudian tulis judul yang akan di posting di youtube atau kalo gak terserah kalian, mau clickbait atau apapun terserah kalian. tapi aku saranin kalo clickbait jangan terlalu melenceng dari isi video, nanti bisa dianggap sampah videonya dan memperoleh banyak dislike.

misalkan aku ambil contoh ya "cara membuat thumbnails youtube di coreldraw


setelah itu membuat balok atau background tulisan atau apalah itu namanya. aku ambil contoh saja seperti ledakan atau yang sering digunakan pada buku komik seperti "boom".

cara membuatnya adalah kalian pilih tool polygon lalu buat sudutnya sesuka kalian. lalu untuk membengkokannya kalian pilih shape tool.
kemudian coba kalian beri warna, nah yang aku buat adalah 3 lapisan warna, lapisan pertama hitam, kedua merah dan ke tiga putih. ini tergantung kalian mau seperti apa ya sob.
nah selanjutnya membuat background, tips untuk membuat background adalah menggunakan powerclip. nah bagaimana caranya. kalian cari dulu bacground yang mau dibuat, lalu tekan klik kanan lalu tarik kedalam kotak yang untuk tumbnails tadi. lalu akan muncul pilihan powerlip.

nah biar lebih mudah kalian klik kanan lagi pada kotaknya, lalu pilih edit content. maka akan mengedit pada bagian dalam backgroundnya. setelah selesai lalu pilih finishing edit content.

selanjutnya adalah mengatur tataletak tulisannya, kalian dianjurkan untuk mengganti font yang lebuh menarik dan sesuai dengan keseluruhan tampilan.
atur tata letaknya se menarik mungkin dan sebagus mungkin, nah selanjutnya membuat efek 3d pada tulisannya. caranya bisa menggunakan shading atau yang lainnya. tapi kalo untuk vector aku rasa copy paste tulisan lebih simple dan cepat.
nah kaya gitu sob. gimana keren gak? oke sampai sini sudah paham? atau masih belum?

jangan lupa like,share.comment dan subscribe juga channelnya biar gak ketinggalan update terbaru dari aku.

akhirnya di bagian penghujung ya sob, terimakasih buat kalian yang udah mampir ke zeromeda dan channel youtube aku andi sahap, semoga postingan artikel kali ini bermanfaat.

Tetap jadi diri sendiri dan sampai jumpa di postingan selanjutnya. bye bye.